Rugi kalau tidak shalat fardhu berjamaah di Masjid…

Hadist mengatakan keutamaan shalat berjamaah tepat waktu di Masjidil Haram mengandung 100.000 kali pahala dibandingkan melakukan hal yang sama di masjid selain itu. Namun faktanya banyak penduduk Makkah yang tidak datang ke masjid melainkan menjalankannya ditempat masing-masing, padahal itu juga dilakukan tepat waktu selesai terdengarnya azan. Masalahnya hanya berjalan ke masjid beberapa puluh atau ratus meter. Hadist juga menyebutkan shalat berjamaah di masjid dekat rumah kita memiliki 27 kali keutamaan dibandingkan mengerjakannya sendirian di rumah, namun faktanya banyak yang tidak datang ke masjid dan shalat di rumah, padahal itu juga dilakukan tepat waktu begitu selesai azan berkumandang. masalahnya lagi-lagi soal perbedaan harus berjalan beberapa puluh atau ratus meter saja.

Rahmat Allah memang tidak seperti ‘doorprize’ yang nyata bisa kita lihat bentuknya. Kalaulah rahmat Allah tersebut diberikan dalam bentuk ‘doorprize’ yang diletakkan disamping pintu masjid, tentu umat akan berbondong-bondong datang kesana. Rahmat Allah hanya bisa kita rasakan dalam qalbu yang penuh iman, masuk dengan pelan-pelan kadang tidak terasa.

Maka ketika kelak di akherat, Allah memperlihatkan rahmat-Nya secara nyata kepada kita layaknya kita bisa melihat ‘doorprize’ di pintu masjid, orang yang di dunianya mengutamakan shalat ke masjid akan berkata :”Alhamdulillaah.., sekalipun dulu saya tidak menyaksikannya, namun sekarang saya mendapatkannya”, sebaliknya bagi yang ‘mengutamakan’ shalat di rumah akan melontarkan penyesalan tidak bertepi :”Coba kalau dulu saya melaksanakan shalat di masjid, saya sudah mendapatkannya berlipat-lipat, bukan hanya satu saja”.

Bahkan Rasulullah sampai ‘gregetan’ menyaksikan kelakuan umatnya ini :””Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh aku bermaksud hendak menyuruh orang-orang mengumpulkan kayu bakar, kemudian menyuruh seseorang menyerukan adzan, lalu menyuruh seseorang pula untuk menjadi imam bagi orang banyak. Maka saya akan mendatangi orang-orang yang tidak ikut berjama’ah, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s