Hai suami..! Berjalan pincang menuju neraka, mau..!!?

Sepasang suami istri datang menghadap hakim, mengadukan masalah mereka bahwa si suami berniat mau berpoligami. Islam mengajarkan bahwa poligami diperbolehkan dengan satu syarat si suami harus berlaku adil. Tentu saja kalau ukuran keadilan diserahkan kepada pasangan suami istri bakalan tidak akan ketemu ujungnya, mau berdebat 7 hari 7 malam-pun dipastikan tidak akan ada kata sepakat tentang apa yang dimaksud dengan keadilan. Maka satu-satunya jalan untuk memutuskan apakah si suami bakal berlaku adil atau tidak harus diserahkan kepada hakim.

Mendengar permasalahan yang dikemukakan, si hakim bicara kepada istri :”Kebolehan berpoligami memang tercatat jelas dalam Al-Qur’an sekalipun memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Apa boleh buat, mau ditafsirkan model apapun boleh yaa boleh, tidak bisa dibikin jadi tidak boleh atau mengharamkannya. Kalau ibu menolaknya sama saja artinya mengingkari aturan Allah yang sudah ditetapkan-Nya..”. Mendengar omongan Hakim, si suami langsung nyengir lebar.

Lalu Hakim berpaling ke pihak suami dan berkata :”Syarat untuk berpoligami adalah harus bisa bersikap adil. Kalau anda nantinya tidak mampu bersikap adil maka Rasulullah mengatakan suami yang tidak adil terhadap istri-istrinya akan dibangkitkan di hari kiamat dalam keadaan pincang/cacat. Pertanyaannya adalah menuju ke arah mana si pincang tersebut berjalan, yang pasti tidak akan ada orang cacat yang akan masuk surga karena kecacatannya dihapus oleh Allah. Di akherat pilihan kita cuma dua, kalau tidak ke surga , pasti ke neraka..”. Mendengar omongan si hakim ini giliran istri yang nyengir lebar.

Untuk urusan poligami, berhentilah berdebat soal keadilan. Sebaiknya masing-masing pihak meninjau diri sendiri, bagi suami haruslah bertanya :”Apakah saya pantas untuk berpoligami..?”, dan bagi istri tanyakan kepada diri :”Apakah saya memang pantas untuk dipoligami..??”. Kalau kedua-belah pihak melakukan hal tersebut, dijamin tidak akan ada ribut-ribut soal poligami..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s